7 Makanan Khas Purwokerto Banyumas dengan Citarasa Unik

gethuk goreng Sokaraja Banyumas

Makanan khas Purwokerto Banyumas menjadi salah satu daya tarik dari daerah ini.  Tidak hanya terkenal di daerahnya, akan tetapi juga sudah banyak ditemukan di luar daerah.

Anda dapat menemukan berbagai makanan khas ini di setiap sudut kota Banyumas. Mulai dari makanan berat, makanan ringan hingga camilan khas Purwokerto dapat Anda jumpai disini.

Makanan Khas Purwokero Banyumas Apa Saja?

Purwokerto adalah ibu kota di kabupaten Banyumas Jawa Tengah yang penduduknya menggunakan Bahasa Jawa asli. Masyarakatnya mengenal sebutan Bahasa Ngapak sebagai Bahasa sehari-hari. “Ora ngapak ora kepenak” begitu kalimat yang populer di Purwokerto. Artinya, kalau tidak bicara ngapak, rasanya tidak enak.

Kearifan budaya di kota ini tidak hanya pada Bahasa, kultur, hingga tradisi, tapi juga ragam kuliner yang unik dan enak ada di sini. Nah, inilah 7 makanan khas Purwokerto Banyumas yang patut Anda coba.

1. Nopia

Nopia merupakan makanan khas Purwokerto Banyumas
Nopia Banyumas, dari Portalpurwokerto.pikiran-rakyat.com

Jika Anda pecinta rasa manis, Anda dapat mencicipi makanan khas kota Satria ini. Dikenal dengan nama Nopia, makanan ini sepintas mirip dengan Bakpia Pathok khas Jogja, lho. Bedanya, jika Bakpia memiliki kulit yang berlapis, Nopia memiliki kulit yang padat.

Nopia sendiri terbuat dari tepung terigu yang diisi dengan gula merah. Adonan tepung terigu dibuat bulat dan kemudian dipipihkan di atas gentong tanah yang sebelumnya telah dibakar. Sehingga teksturnya kering di luar dan lumer di dalam yang berasal dari gula merah tersebut. Citarasa manis sangat lekat dengan makanan khas ini.

2. Mendoan

Mendoan adalah makanan khas Purwokerto Banyumas terbuat dari tempe mendo atau tempe yang setengah matang
Tempe mendoan banyumas, dari Bangka.sonora.id

Mendoan jadi salah satu primadona makanan khas Purwokerto Banyumas yang banyak diburu pecinta kuliner. Mendoan sendiri terbuat dari tempe yang diiris tipis dan digoreng dengan balutan adonan tepung beras. Mendo berarti setengah matang, sehingga tempe ini masih bertekstur lembut.

Tempe yanh digunakan pun umumnya terbuat dari tempe yang dibungkus daun sehingga memiliki citarasa tersendiri. Mendoan biasanya dijadikan camilan dan disantap dengan sambal kecap. Atau juga bisa dijadikan tambahan lauk pauk saat makan. Pastikan untuk menyantapnya dalam keadaan masih hangat, ya.

3. Gethuk Goreng

gethuk goreng Sokaraja Banyumas
Gethuk goreng Sokaraja, dari jakarta.tribunnews.com

Citarasa manis gurih sangat lekat dengan makanan khas Sokaraja, Banyumas ini. Gethuk berasal dari olahan singkong yang dipadukan dengan gula jawa merah serta parutan kelapa yang menambah citarasa gurih. Gethuk goreng Sokaraja sangat melegenda dan terkenal hingga di luar Banyumas.

Bahkan makanan khas Purwokerto Banyumas ini oleh pemerintah daerah diusulkan sebagai warisan budaya nasional bukan benda (intangible) oleh Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Jadi, jangan lupa mencicipi Gethuk Goreng yang melegenda ini, ya.

4. Sroto Sokaraja

Soto Sokaraja Banyumas
Soto Sokaraja, dari Yummy.co.id

Jika sebelumnya bicara soal kuliner kering, kini kita beralih ke hidangan kuah khas Sokaraja Banyumas, yakni sroto atau soto Sokaraja.

Anda dapat menemukan dengan mudah sroto Sokaraja di sudut-sudut kota bahkan pinggir jalan. Berbeda dengan soto pada umumnya, sroto Sokaraja menggunakan isian potongan ketupat bukan nasi.

Potongan ketupat ini biasanya dipadukan tauge, irisan daging sapi atau ayam, sohun, daun bawang dan aneka krupuk.

Resep yang membuat sroto Sokaraja ini menarik yakni tambahan bumbu kacang yang membuat tekstur kuahnya menjadi lebih kental. Citarasa gurih juga dapat Anda rasakan dari kuah kaldu sapi.

Jika datang ke kota Purwokerto, Anda tidak hanya disarankan untuk mengunjugi wisata Baturaden Purwokerto terbaru yang bisanya jadi primadona, tapi juga patut menikmati hangat dan nikmatnya soto Sokaraja ini.

5. Sate Bebek Tambak

Sate bebek Tambak Banyumas
Sate bebek Tambak Banyumas, dari food.detik.com

Selain sate Madura, sate bebek Tambak khas Purwokerto Banyumas juga patut untuk Anda coba. Jika biasanya sate terbuat dari daging ayam, sate ini terbuat dari bebek yang masih muda. Sehingga tekstur dagingnya masih empuk dan gurih.

Sate Bebek Tambak juga menyediakan dua macam sambal yang khas. Ada sambal kecap dengan rawit pedas dan bumbu kacang kental yang manis gurih. Anda dapat menjumpai sate bebek Tambak ini di warung kecil, rumah makan, hingga pinggir jalan di Purwokerto, Banyumas.

6. Kraca

Keong Kraca Banyumas
Kraca, dari makananoleholeh.com

Bosan dengan aneka olahan sapi, ayam, bebek? Anda dapat mencicipi olahan kuliner pedas dari keong sawah.

Rasa gurih dari keong sawah dan perpaduan bumbu yang pedas dapat menggugah selera makan Anda. Bumbu diolah dengan racikan yang lengkap, mulai dari cabai, garam, merica, pala, lada yang dapat menghangatkan tubuh.

Kuliner ini dapat Anda temui di sudut-suduh kota bahkan warung-warung pinggir jalan sekalipun. Waktu yang tepat untuk menyantap kuliner yang satu ini yakni saat malam hari, karena dapat membuat tubuh lebih hangat dengan sensasi bumbu pedasnya.

7. Themlek

Themlek cemilan khas Banyumas
Themlek, dari id.theasianparent.com

Kenyang dengan makanan berat? Anda dapat mencoba camilan khas Purwokerto Banyumas yang satu ini. Dikenal dengan nama Themlek, camilan ini terbuat dari sisa ampas tahu yang diolah dengan bumbu rempah yang khas. Biasanya Themlek berbentuk bulat dan digoreng dengan dibaluri adonan tepung.

Anda dapat menemukan makanan khas Purwokerto Banyumas yang satu ini di sepanjang jalan kota ini.

Citarasa gurih dan krispi menjadikan makanan ini banyak diburu pecinta kuliner. Bagi Anda yang berkunjung ke Banyumas jangan sampai melewatkan Themlek, ya.

Makanan khas Purwokerto Banyumas mana nih yang ingin Anda coba? Tentunya Anda dapat menikmati makanan berat hingga camilan dengan citarasa lezat di Banyumas. Makanan khas Purwokerto Banyumas juga menjadi identitas yang tidak dapat dipisahkan dari kota ini. Pastikan untuk berwisata kuliner saat mengunjungi Banyumas, ya.

Referensi :
liputan6.com

Tinggalkan Balasan