Legenda Baturaden dan Spot Foto yang Menarik

Legenda Baturaden

Legenda Baturaden dan Spot Foto Menarik – Purwokerto menjadi salah satu kawasan yang memiliki pemandangan alam sempurna. Pesonanya bisa membius semua orang yang berkunjung di kota yang terkenal dengan Tempe Mendoannya ini.

Apalagi, terdapat wisata Baturaden yang lokasinya berada di dataran tinggi kabupaten Banyumas ini. Daerah ini memiliki legenda dan sejarah yang unik serta objek wisata memukau.

Objek wisata ini sudah lama terkenal di seluruh pelosok negeri dan mempunyai sebuah cerita rakyat yang tidak kalah menarik untuk disimak. Cerita rakyat ini telah berkembang hampir berpuluh-puluh tahun lamanya dan diceritakan secara turun-menurun.

Legenda Baturaden dan Sejarah Singkatnya

Bagi kamu yang masih ingat dengan legenda lutung kasarung, pasti sudah pernah mendengar Baturaden. Seorang Sanghyang Guruminda dari kahyangan yang diturunkan ke bumi dengan wujud lutung (kera).

Dalam kisahnya, lutung ini berjumpa dengan Putri Purbasari Ayuwangi yang diusir oleh saudaranya, karena memiliki sifat buruk. Sampai pada akhirnya lutung ini menikah dengan Putri Purbasari Ayuwangi.

Kemudian, memerintah Kerajaan Pasir Batang dan Kerajaan Cupu Mandala Ayu. Cerita rakyat ini tidak pernah lepas dari tempat Baturraden yang katanya menjadi tempat bagi lutung ke bumi. Ini juga ada kaitannya dengan Sejarah Singkat Banyumas yang bisa kamu baca dalam buku Babad Banyumas atau komik Babad Banyumas.

Spot Foto Menarik di Baturaden

Bagaimana, legenda Baturaden sangat menarik untuk disimak bukan? Cerita rakyat Lutung Kasarung ini sudah ada sejak tahun 1921 dan diangkat ke dalam gending karesmen.

Sehingga cerita ini memang sangat layak untuk disimak dan didengar. Selain ceritanya, Baturraden juga memiliki spot-spot yang menarik untuk dijelajahi. Pantas sekali jika daerah ini merupakan Tempat Romantis di Purwokerto yang wajib kamu datangi. Berikut ini beberapa spot foto yang wajib dikunjungi di Baturaden.

1. Pancuran Pitu Dan Pancuran Telu

Kedua pancuran ini termasuk salah satu ikon dari Legenda Baturaden. Banyak sekali masyarakat yang mengunjungi tempat ini. Pancuran Telu terletak di area lokawisata Baturraden.

Jadi, apabila ingin pergi ke tempat ini, maka harus berjalan melewati Curug Gumawang. Selanjutnya,  kamu bisa menyusuri jalan setapak dengan tebing gunung di sebelah kiri dan lereng jurang di sebelah kanan.

Pancuran telu ini sudah mengalirkan air panas yang bisa digunakan untuk berendam dan berenang. Dinamakan Pancuran telu karena mempunyai tiga air pancuran air panas.

Sedangkan, untuk pancuran pitu, terletak di atas pancuran telu yang berjarak sekitar 2,5 kilometer. Sementara itu, ada jalanan yang lebih menarik ketimbang pancuran telu.

Sama seperti dengan pancuran telu, pancuran pitu juga sudah mengandung belerang yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

2. Telaga Sunyi

Jika dilihat dari segi namanya mungkin kamu sudah tahu bahwa telaga sunyi ini termasuk salah satu kawasan yang tenang, hening, serta sunyi. Hal ini karena, letaknya yang berada di ketinggian 700 mdpl.

Berenang bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk menikmati telaga ini. Lokasi ini termasuk Wisata Baturaden Purwokerto Terbaru yang wajib kamu nikmati saat weekend atau saat ingin melepas penat.

Akan tetapi, kamu disarankan untuk tidak berenang jika cuaca sedang mendung atau hujan. Hal ini karena kawasan tersebut mempunyai arus yang sangat kencang dan berbahaya.

Jadi akan membuat kamu terseret arus. Bahkan, konon katanya ada sebuah cerita mistis dimana, kamu tiba-tiba akan terdorong sampai ke bawah telaga.

Sementara itu, ada mitos bagi pasangan kekasih yang datang ke telaga ini pasti akan bertengkar. Jadi, harus tetap berhati-hati.

3. Bumi Perkemahan Wana Wisata Baturraden

Legenda Baturaden ini mempunyai kawasan hutan yang tidak kalah indahnya. Ketersediaan udara dingin khas pegunungan, ada sejak tahun 2001 sehingga bumi perkemahan ini digunakan sebagai tempat jambore nasional.

Bahkan, pada kawasan ini juga tersedia persewaan peralatan untuk kemah dengan harga yang terjangkau. Jadi, tidak perlu lagi repot-repot membawa peralatan tenda, bila ingin merasakan bagaimana rasanya menginap di kaki Gunung Slamet, yang termasuk gunung tertinggi di Jawa Tengah.

4. Taman Wisata Widya Kaloka

Kawasan ini termasuk kebun binatang mini yang sengaja didirikan oleh pihak pengelola Baturaden. Terdapat berbagai jenis hewan unik yang dapat dijumpai seperti Harimau Sumatera yang sudah langka dan hampir punah seperti, Buaya Irian, Orangutan Kalimantan.

Selanjutnya, ada juga berbagai macam satwa yang didatangkan dari luar negeri untuk menarik minat kamu.

Rute, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

Legenda Baturaden memikat masyarakat sekaligus memberikan kecintaan juga terhadap alamnya yang indah. Wajar sekali jika saat ini Baturaden merupakan salah satu kawasan wisata yang mudah untuk dikunjungi. Kamu dapat memilih berbagai jenis alternatif untuk mengunjungi tempat ini.

Bahkan, bisa menggunakan transportasi umum dan kendaraan pribadi. Bagi yang ingin mengunjungi kawasan ini dengan menggunakan transportasi umum maka bisa menunggu bus dari terminal purwokerto.

Gunakanlah trayek yang akan mengarah ke arah Baturaden. Kamu juga bisa turun di terminal lokawisata Baturaden. Baturraden sendiri memang menjadi sebuah kawasan yang tidak hanya menghadirkan sebuah objek wisata alam saja.

Jika bertandang ke sini, pastikan juga menikmati Makanan Khas Purwokerto Banyumas yang punya citarasa lezat. Berkunjung ke suatu daerah di tanah air tidak akan afdhal tanpa mencicipi warisan budaya kulinernya.

Namun, ternyata objek wisata edukasi yang dapat mengajarkan kepada anak bagaimana cara mencintai hewan dan bagaimana menjaga alam yang indah. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat Baturraden, jangan lupa kenali Legenda Baturaden supaya makin merasakan kecintaan terhadap daerah yang mempesona ini.

Tinggalkan Balasan