7 Makanan khas Banyumas yang Wajib Dicoba

Soto Sokaraja Banyumas adalah makanan khas Banyumas terkenal

Apa saja makanan khas Banyumas yang unik dan wajib Anda coba? Berkunjung ke suatu tempat pasti tak akan terasa lengkap kalau belum mencicipi makanan khas di sana. Begitu juga saat Anda berkunjung ke Banyumas.

Kabupaten yang berlokasi di Jawa Tengah ini ternyata punya banyak pilihan menu kuliner yang lezat. Di antaranya kuliner khas yang menjadi kebanggaan dan hasil cipta rasa masyarakatnya.

Apa Saja Makanan Khas Banyumas yang Wajib Anda Coba?

Banyumas menawarkan banyak sekali pilihan makanan dengan cita rasa yang khas. Tentu saja Anda harus mencicipi beragam menu tersebut saat menyambangi kabupaten ini.

Mulai dari makanan berkuah, makanan ringan, makanan berat, aneka olahan cita rasa gurih, manis, dan lain-lain. Langsung saja simak pilihan makanan khas Banyumas berikut:

1. Soto Sokaraja

Pilihan pertama adalah soto sokaraja. Ini adalah salah satu menu soto paling populer yang ada di Banyumas. Hampir semua wisatawan dari luar kota pasti akan menyempatkan makan soto ini dulu saat sampai di Banyumas. Olahan soto yang satu ini punya cita rasa yang khas dan bikin ketagihan.

Soto sokaraja terdiri dari dua pilihan yaitu daging ayam dan daging sapi. Racikan bumbu rempahnya sangat kuat sehingga bisa menghasilkan rasa yang enak. Salah satu poin unik yang membuat menu soto ini berbeda adalah penggunaan ketupat dan sambal kacang di dalamnya. Selain itu soto ini juga dilengkapi dengan taburan kacang kedelai di atasnya. Biasanya Soto Sokaraja dikenal sebagai Makanan Khas Purwokerto Banyumas berkuah yang ada di berbagai sudut kota.

2. Buntil

Berikutnya ada buntil yang juga sangat populer di Banyumas. Buntil merupakan jenis makanan yang terbuat dari bahan utama kelapa barut dan dibumbui dengan aneka rempah. Selain itu makanan ini juga identik dengan cabai rawit utuh di dalamnya. Buntil dibungkus menggunakan daun pepaya kemudian dimasak dengan kuah santan yang pedas.

Beberapa tempat menyediakan buntil yang tidak menggunakan daun pepaya sebagai pembungkus melainkan daun singkong. Makanan ini memberikan cita rasa gurih yang sangat kuat. Selain itu kuah santan yang pedas disertai cabai rawit utuh membuatnya terasa semakin nendang.

3. Tegean

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan sayur bening atau sayur bayam. Nah, di Banyumas ada menu makan berupa sayur bening yang disebut tegean. Namun olahan sayur ini cukup berbeda karena menggunakan racikan bumbu khas. Rasa yang dihasilkan lebih mengarah ke gurih dan cocok sekali jika dipadukan dengan makanan yang pedas.

Tegean menggunakan beberapa jenis bahan isian seperti jagung, bayam, wortel, daun katuk, kedelai hitam, dan kecambah. Kuahnya terasa sangat gurih dan segar. Biasanya menu makanan ini juga dilengkapi dengan irisan daging sapi atau daging ayam untuk menambah sensasi gurihnya.

4. Tempe Bongkrek

Pilihan makanan khas Banyumas berikutnya adalah tempe bongkrek. Tempe adalah jenis makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun tempe bongkrek ini berbeda dari jenis tempe biasa. Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat tempe bongkrek adalah kacang kedelai dan ampas parutan kelapa.

Tempe ini berwarna putih kehitaman karena proses pembuatannya melalui tahap fermentasi. Pada dasarnya tempe ini hampir mirip seperti oncom. Biasanya warga Banyumas akan mengolah tempe bongkrek dengan cara digoreng atau dijadikan campuran untuk tumis.

5. Kenyol

Jika Anda mencari camilan khas Banyumas maka jangan lewatkan kenyol. Kenyol adalah jenis camilan ala Banyumas yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan dan tepung kanji. Makanan ini berbentuk kecil memanjang dan diolah lewat proses perebusan sampai matang.

Kenyol cukup unik karena memiliki tekstur yang kenyal. Biasanya makanan ini akan disajikan bersama dengan kelapa parut dan dilengkapi siraman gula merah yang akan membuatnya terasa manis. Kenyol sangat mudah untuk dijumpai di pasar tradisional dan biasanya juga mudah dibeli lewat pedagang keliling.

6. Kraca

Makanan yang satu ini juga tak kalah unik dan wajib dicoba! Kraca adalah makanan khas Banyumas yang menggunakan keong sawah sebagai bahan utama. Keong sawah ini akan diolah dengan cara dikukus atau direbus. Setelah itu keong akan diolah lagi dengan kuah rempah yang menghasilkan cita rasa khas.

Kraca itu sendiri biasa dijadikan sebagai camilan. Namun banyak juga yang menyantap kraca sebagai pendamping nasi. Biasanya kraca juga disajikan secara istimewa saat momen hari raya Idul Fitri. Sangat menarik untuk dicoba karena lezat dan kaya protein.

Jika bersantap di tempat makan keluarga di Purwokerto biasanya ada juga yang menyediakan menu ini. Anda bisa tanyakan olahan masakan kraca ini ke resto atau rumah makan yang Anda kunjungi.

7. Cimplung

Selain kenyol, ada juga cimplung yang merupakan jenis camilan khas Banyumas. Makanan yang satu ini juga sama mudahnya untuk dijumpai di pasar tradisional. Cimplung terbuat dari bahan dasar singkong dan air nira. Air nira adalah air yang bisa diperoleh dari proses pembuatan gula jawa.

Adonan singkong nantinya akan direbus dengan menggunakan air nira. Perpaduan keduanya akan menghasilkan cita rasa yang manis dan lezat. Cimplung biasanya disajikan sebagai camilan pendamping kopi dan teh.

Ternyata ada banyak ya makanan khas Banyumas yang menarik untuk dicoba. Selain 7 makanan ini masih ada lebih banyak lagi pilihan menu yang bisa Anda temukan di kabupaten ini. Pastikan untuk mengeksplorasi rasa dari beragam jenis menu makanan enak yang bisa Anda temui di Banyumas!

Sumber:
Orami.co.id
Gotravelly.com

Tinggalkan Balasan